Albab, Yus Rizal (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Smart Apps Creator di kelas X SMA N 3 Rembang pada materi peluang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006002_JUDUL__240622021155.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000006002_BAB_I__240622062745.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000006002_BAB_II__240622062745.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006002_BAB_III__240622062746.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006002_BAB_IV__240622062746.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006002_BAB_V__240622062746.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006002_DAFTAR_PUSTAKA__240622062746.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006002_LAMPIRAN__240622062746.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi jenis media pembelajaran interaktif berbasis android di SMAN 3 Rembang dalam pembelajaran matematika, yang berdampak pada proses pembelajaran. Angket analisis kebutuhan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android menunjukkan bahwa lebih dari 90% siswa membutuhkan media pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Penelitian ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi peluang kelas X SMA kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, (1) mengetahui
pengembangan aplikasi media pembelajaran menggunakan software Smart Apps Creator (SAC) untuk pesrta didik kelas X materi peluang. (2) Mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran matematika materi peluang menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada kelas X.
Penelitian ini, yang merupakan bagian dari penelitian pengembangan, dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen validasi, instrumen respon peserta didik, serta lembar wawancara untuk guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Rembang, sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran pada materi peluang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata -rata kevalidan 84,5% yang termasuk dalam kategori sangat valid, berdasarkan penilaian kedua ahli media diperoleh rata-rata persentase kevalidan sebesar 86,96% yang termasuk dalam kategori sangat valid, hasil rekapitulasi nilai secara keseluruhan yang merupakan gabungan dari penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh persentase kevalidan media sebesar 85,73% sehingga media termasuk dalam kategori sangat valid, dan berdasarkan penilaian dari ujicoba kelas kecil dan kelas besar memperoleh persentase kepraktisan sebesar 89,83% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti pada materi peluang kelas X SMA memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran interaktif, Smart Apps Creator (SAC), ADDIE, peluang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64575 |
Actions (login required)
View Item |