Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) menggunakan wordwall pada materi bilangan berpangkat kelas VIII

Rumani, Risza Presty (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) menggunakan wordwall pada materi bilangan berpangkat kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006023_JUDUL__240620101735.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006023_BAB_I__240620101735.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006023_BAB_II__240620101735.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006023_BAB_III__240620101736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006023_BAB_IV__240620101736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006023_BAB_V__240620101736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006023_DAFTAR_PUSTAKA__240620101736.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006023_LAMPIRAN__240620101736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) pada pembelajaran yang digunakan sebagai bentuk evaluasi terhadap peserta didik. Selain itu peserta didik pada saat diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa kertas cetak peserta didik cenderung terlihat asyik sendiri atau mengobrol dengan teman disampingnya dari pada mengerjakan LKPD yang diberikan oleh pendidik dikarenakan peserta didik kurang tertarik dengan LKPD yang diberikan karena terkesan formal dan monoton sehingga proses pembelajaran kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validasi serta angket peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sapuran, Wonosobo.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah E-LKPD berbasis wordwall yang memuat materi bilangan berpangkat. (2) Berdasarkan uji coba kevalidan, E-LKPD dari segi materi memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 113 dengan presentase 78% dan memenuhi kriteria valid. Sedangkan E-LKPD dari segi media memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan 156 dengan presentase 85% dengan memperoleh kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, pada uji coba kelas kecil E-LKPD memperoleh persentase sebesar 86% dan memenuhi kriteria sangat praktis, sedangkan pada uji coba kelas besar E-LKPD pembelajaran memperoleh persentase sebesar 84% dan memenuhi kriteria praktis. Bedasarkan hasil rata-rata kedua sampel diperoleh rata-rata skor presentase keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-LKPD, wordwall, bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:22
Last Modified: 25 Jun 2024 04:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64699

Actions (login required)

View Item View Item