PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI KODULAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI DI SMP KELAS VIII

Djuredje, Rizka A. Hi. and Hermanto, Hermanto and Himawan, Riswanda (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI KODULAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI DI SMP KELAS VIII. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
C5 PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI KODULAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI DI SMP KELAS VIII.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of C5 DB_report_05 Geram (P2 dan S4).pdf] Text
C5 DB_report_05 Geram (P2 dan S4).pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta dan SMP Negeri 11 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwasannya pemanfaatan media pembelajaran khususnya materi teks persuasi dengan menggunakan media berbasis aplikasi belum maksimal. Oleh karena itu, dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Kodular diharapkan dapat menjadi solusi dalam pembelajaran materi teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tahapan media aplikasi Kodular dalam pembelajaran materi teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP/MTs, (2) mendeskripsikan implementasi media aplikasi Kodular dalam pembelajaran materi teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP/MTs, dan (3) mendeskripsikan kelayakan dari media aplikasi Kodular dalam pembelajaran materi teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan validator ahli. Sedangkan objek penelitian ini yaitu media berbasis aplikasi Kodular dalam pembelajaran teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif-deskriptif yang dapat menyajikan data hasil uji validasi dari para ahli berupa angka dan mendeskripsikan tahapan-tahapan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Kodular. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis aplikasi Kodular yang berisi materi teks persuasi yang telah dikembangkan memperoleh kategori “Sangat Layak” untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hal ini, dibuktikan dengan adanya hasil skor rata-rata yang diperoleh dari para ahli berjumlah 93. Skor rata-rata yang didapatkan dari penilaian ahli media sebesar 100, dari ahli materi sebesar 95, dan dari ahli pengajaran (guru sebagai pengguna) sebesar 83,8. Selain itu, hasil respon dari peserta didik terhadap media berbasis aplikasi Kodular ini sebesar 89,5. Dari hasil pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media berbasis aplikasi Kodular dalam pembelajaran teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP/MTs diharapkan media pembelajaran ini dapat membantu peserta didik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran serta menunjang hasil pembelajaran peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:27
Last Modified: 28 Jun 2024 03:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64713

Actions (login required)

View Item View Item