Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi matriks untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA

Khoirunisa, Zahro (2024) Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi matriks untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2011006025_JUDUL__240622070903.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2011006025_BAB_I__240622070903.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2011006025_BAB_II__240622070904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2011006025_BAB_III__240622070904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2011006025_BAB_IV__240622070904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2011006025_BAB_V__240622070904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2011006025_DAFTAR_PUSTAKA__240622070904.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2011006025_LAMPIRAN__240622070904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang diperoleh dari kegiatan pra penelitian di MAS Taruna Al Quran Yogyakarta. Pada saat pra penelitian peneliti memperoleh informasi bahwa proses pembelajaran cenderung satu arah sehingga keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat minim dan bahan ajar yang digunakan ketika proses pembelajaran yaitu menggunakan LKPD dari penerbit. LKPD tersebut menyajikan ringkasan materi dan berisi soal yang hanya fokus pada tahap pemahaman peserta didik serta LKPD tersebut juga belum mampu untuk meningkatkan keterampilan bepikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAS Taruna Al Quran Yogyakarta berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan tergolong pada kategori sedang , namun pada indikator interpretasi masih pada kategori rendah dan pada indikator inferensi masih pada kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi matriks, serta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik khususnya pada indikator interpretasi dan inferensi.
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, serta instrumen tes berupa soal pretest dan soal posttest. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan uji coba skala kecil yang berjumlah 5 peserta didik dan uji coba skala besar yang berjumlah 24 peserta didik kelas XI IPA MAS Taruna Al Quran Yogyakarta. Pada tahap analisis data dilakukan dengan menghitung dan menganalisis hasil uji kevalidan dari ahli media dan ahli materi, hasil uji kepraktisan respon peserta didik pada uji skala kecil dan uji skala besar, serta melakukan uji statistika paired sample t-test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah (1) pada hasil rata-rata penilaian ahli media yaitu 46 dengan kategori sangat baik; (2) pada hasil rata-rata penilaian ahli materi yaitu 100 dengan kategori sangat baik; (3) pada hasil angket respon peserta pada uji skala kecil yaitu 84.4 dengan kategori sangat baik dan hasil rata-rata penilaian angket respon peserta pada uji skala besar yaitu 90.5 dengan kategori sangat baik; (4) LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi matriks yang dikembangkan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan peningkatan sebesar 25.3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: LKPD, problem based learning, berpikir kritis, matriks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:47
Last Modified: 15 Jul 2024 01:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64832

Actions (login required)

View Item View Item