Mahira, Malika (2024) Pengembangan LKPD matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011006027_JUDUL__240627102024.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011006027_BAB_I__240627102024.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011006027_BAB_II__240627102024.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011006027_BAB_III__240627102024.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011006027_BAB_IV__240627102024.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011006027_BAB_V__240627102024.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011006027_DAFTAR_PUSTAKA__240627102024.pdf Download (207kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011006027_LAMPIRAN__240627102024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada latar belakang yang ditemui dari hasil kegiatan pra penelitian di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Dimana pada kegiatan observasi/pra penelitian didapati bahwa SMP Negeri 9 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah dengan basis budaya yang ada di Yogyakarta, namun dalam proses pembelajarannya belum pernah dikembangkan bahan ajar berbasis budaya untuk membantu menunjang proses peserta didik dalam pembelajaran di sekolah, khususnya pada pembelajaran matematika. Oleh karenanya, tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan atau Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang menjadi fokus penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Sebelum diujicobakan, produk LKPD Matematika Berbasis Etnomatematika ini telah divalidasi oleh ahli dalam bidang materi dan media. Hasil penelitian dari ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 122,5 yang memenuhi kriteria sangat baik dan ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 68,5 yang memenuhi kriteria baik. Selain itu juga dilakukan penyebaran angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk LKPD ini dengan uji coba kelas kecil dan kelas besar. Dengan hasil uji coba kelas kecil memperoleh rata-rata skor 74,75 yang memenuhi kriteria sangat baik dan uji coba kelas besar memperoleh rata-rata skor 68,3333 yang memenuhi kriteria baik. LKPD ini juga telah dilakukan penilaian terkait aspek pendekatan Etnomatematika dan aspek problem solving. Pada aspek pendekatan Etnomatematika memperoleh rata-rata skor 12 yang memenuhi kriteria baik dan pada aspek problem solving memperoleh rata-rata skor 16,5 yang memenuhi kriteria baik pula.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD matematika, etnomatematika, pengembangan, problem solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:48 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64906 |
Actions (login required)
View Item |