Putriansyah, Rinduantika Dwi (2024) Hubungan antara motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan Student Engagement. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013077_JUDUL__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000013077_BAB_I__240701120314.pdf Download (403kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000013077_BAB_II__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013077_BAB_III__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013077_BAB_IV__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013077_BAB_V__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013077_DAFTAR_PUSTAKA__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013077_LAMPIRAN__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013077_NASKAH_PUBLIKASI__240701120314.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan student engagement pada siswa Kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tiga skala, yaitu Skala Student Engagement, Skala Motivasi Belajar, dan Skala Dukungan Orang Tua. Jumlah populasi sebanyak 420 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 190 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan program SPSS 19.00 for windows. Hasil analisis hipotesis mayor memperoleh koefisien (R) sebesar 0,724 nilai F sebesar 102,992 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,01). Hasil analisis hipotesis minor pertama memperoleh koefisien korelasi partial (r) sebesar 0,526 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,01) yang menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan student engagement. Hasil analisis hipotesis minor kedua koefisien korelasi partial (r) sebesar 0,201 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,01) yang menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara dukungan orang tua dengan student engagement. Motivasi dan dukungan orang tua secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 52,458 dengan student engagement sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan student engagement.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Dukungan orang tua, motivasi belajar, Student Engagement |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:29 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65065 |
Actions (login required)
View Item |