Safitri, Indah Wulan (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual reality pada materi keberagaman budaya di Indonesia muatan IPS untuk siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Mrisi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005133_JUDUL__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000005133_BAB_I__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000005133_BAB_II__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005133_BAB_III__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005133_BAB_IV__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005133_BAB_V__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005133_DAFTAR_PUSTAKA__240702112349.pdf Download (189kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005133_LAMPIRAN__240702112349.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Media belajar berperan utama, sebab bisa memudahkan guru untuk membagikan informasi atau materi pada murid, begitupun dengan murid bisa dengan mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, media belajar yang unik serta tidak monoton ketika dipakai saat tahap belajar memberikan semangat dalam belajar. Namun pada saat proses pembelajaran belum semuanya memakai media yang menarik, misalnya media belajar dengan basis virtual reality. Pengkajian ini bertarget guna mengamati tahapan perkembangan media serta mutu dari media belajar dengan basis berbasis virtual reality untuk materi keberagaman budaya di Indonesia muatan IPS guna murid kelas IV SD.
Pengkajian ini berjenis research and development (R&D) secara bermetode ADDIE yang mempunyai 5 langkah berupa Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Guna menghimpun datanya memakai tehnik observasi, wawancara, serta angket. Guna analisanya memakai analisa kuantitatif & kualitatif.
Perolehan pengkajian ini menghasilkan sebuah produk ialah media belajar dengan basis virtual reality yang berisikan budaya seperti rumah adat, lagu daerah, dan alat musik tradisional yang terdapat di beberapa pulau yang ada di Indonesia. Media pembelajaran berbasis virtual reality yang ditingkatkan memperoleh penilaian dari validator ahli media sejumlah 87 tergolong “Sangat Baik”, ahli materi sejumlah 78 tergolong “Baik”, ahli pelajaran sejumlah 83 tergolong “Baik”, dari guru sejumlah 96,6 tergolong “Sangat Baik”, serta dari murid mendapati “98,3”, juga melalui learning analytics siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality memperoleh nilai rata-rata 78,8, maka dibentuk simpulan bila media belajar dengan basis virtual reality untuk materi keberagaman budaya di Indonesia muatan IPS untuk murid kelas IV di Sd Muhammadiyah Mrisi bermutu sangat baik serta layak dipakai ketika tahap belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, virtual reality, keberagaman budaya di Indonesia, muatan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:29 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65068 |
Actions (login required)
View Item |