Laporan KKN ALTERNATIF 91 UNIT II.A.2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta

Septiningrum, Selly Violita and Asrullah, Asrullah and Ferdhian, M. Syafrie and Fajar, Ahmad and Theresa, Nuur Istiqomah Devisca and Dewi, Risya Farahani Candra and Aji, Anggit Prasetyo and Saputra, Rasyid Herbanu Indra and Pradita, Ratna Putri Laporan KKN ALTERNATIF 91 UNIT II.A.2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. [Laporan KKN]

[thumbnail of LAPORAN KKN ALTERNATIF 91 UNIT II.A.2 RW O3 KRICAK] Text (LAPORAN KKN ALTERNATIF 91 UNIT II.A.2 RW O3 KRICAK)
LAPORAN KKN ALTRNATIF PERIODE 91 UNIT II.A.2 RW 03 KRICAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RW 03, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, menunjukkan tingginya keterlibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan, baik keagamaan, kesehatan, kesenian, pendidikan, maupun pertanian. Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong yang kuat di masyarakat setempat. Program unggulan seperti pertanian perkotaan dan pengelolaan sampah organik berhasil meningkatkan ketahanan pangan dan kebersihan lingkungan, serta meraih penghargaan. Namun, masalah stunting masih menjadi tantangan besar di wilayah ini. Program dapur balita terhenti akibat kurangnya dana dan kerjasama masyarakat. Meskipun sistem pengelolaan sampah telah berjalan, tantangan dalam pengelolaan sampah plastik dan organik secara optimal masih ada, dengan beberapa warga masih melakukan pembakaran sampah plastik yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Pelaku UMKM di wilayah ini juga belum memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk mempromosikan dan menjual produk mereka, mengakibatkan terbatasnya jangkauan pasar dan promosi produk yang kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan edukasi lebih lanjut bagi masyarakat mengenai pengelolaan limbah rumah tangga dan peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan sampah anorganik untuk menciptakan produk bernilai jual .

Item Type: Laporan KKN
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Selly Septiningrum
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:13
Last Modified: 08 Jul 2024 08:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65080

Actions (login required)

View Item View Item