lubis, irhanuddin (2023) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang bertaqwa, tangguh dan bertanggung jawab di kelas VII MTs N 6 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700031184_JUDUL__230622040610.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700031184_BAB_I__230622040610.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700031184_BAB_II__230622040610.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700031184_BAB_III__230622040610.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700031184_BAB_IV__230622040610.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700031184_BAB_V__230622040610.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031184_DAFTAR_PUSTAKA__230622040610.pdf Download (151kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700031184_LAMPIRAN__230622040610.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pembelajaran Akidah Akhlak terdapat materi-materi yang mengantarkan siswa dalam membentuk karakter yang mulia, tidak hanya dalam pembentukan karakter religiusnya. Pembentukan dan penerapan karakter di sekolah dibutuhkan untuk menanamkan pemahaman kepada siswa, bahwa setiap bentuk perilaku akan menjadi tanggung jawab setiap manusia. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai-nilai karakter siswa terkait dengan kesopanan dalam berbicara, bersikap dan santun dalam berprilaku dan adanya siswa yang belum menerapkan nilai-nilai akhlak yang bertaqwa, tangguh, dan bertanggung jawab, dimana madrasah ini sudah mengajarkan nilai-nilai pelajaran akidah akhlak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (I) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang bertaqwa, tangguh, dan bertanggung jawab di kelas VII MTsN 6 Bantul (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang bertagwa, tangguh, dan bertanggung jawab di kelas VII MTsN 6 Bantul.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang bertaqwa, tangguh, dan bertanggung jawab di kelas VII MTs N 6 Bantul yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Faktor pendukung pada implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak di VII MTs N 6 Bantul adalah tidak terlepas dari usaha dari guru Akidah Akhlak itu sendiri dan kondisi lingkungan masyarakat yang berada disekitar madrasah juga dikenal dengan kentalnya pendidikan agama sehingga pendidikan di madrasah dapat saling bersinergi dengan masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengawasan orang tua terhadap tingkah laku dan pola perilaku anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, pembelajaran akidah akhlak, pembentukan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65311 |
Actions (login required)
View Item |