Mastadikara, Helmi (2023) Pengembangan media kartu Dare To Play A Role (DPR) bermuatan nilai-nilai asertif (uji produk di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001092_JUDUL__231128074005.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001092_BAB_I__231127020421.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001092_BAB_II__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001092_BAB_III__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001092_BAB_IV__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001092_BAB_V__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001092_DAFTAR_PUSTAKA__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001092_LAMPIRAN__231127020421.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan kompetensi juga untuk mengembangkan kepekaan sosial di lingkunganya agar interaksi dilingkunganya berjalan dengan baik. Karakter siswa bisa dilihat dan dinilai ketika seseorang tersebut berinteraksi dengan orang lain, salah satu sifat manusia selain sebagai makhluk individual adalah juga sebagai makhluk sosial. Dengan bersosialisasi, individu dapat menyampaikan perasaannya, bertukar pendapat dan mengekspresikan diri. Namun, ketika individu tidak mampu melakukan sosialisasi dengan baik maka individu akan memaksakan kehendak orang lain terhadap dirinya sehingga akan timbul sebuah permasalahan. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memiliki sikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media kartu Dare To Play A Role (DPR) bermuatan nilai-nilai asertif pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian Borg & Gall. Penelitian dan pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap ke-lima, adapun tahapannya yaitu 1) meneliti dan mengumpulkan informasi, 2) perencanaan, 3) mengembangkan desain awal produk, 4) menguji desain awal produk, dan 5) revisi produk utama. Subjek Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini diberikan masukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli layanan dengan menggunakan lembar penilaian ahli.
Berdasarkan hasil analisis penilaian secara keseluruhan media kartu Dare to Play a Role (DPR) dapat diketahui penilaian dari ahli materi mendapat 76,7 yang artinya masuk dalam kategori baik, penilaian dari ahli media mendapat 89,2 yang artinya masuk dalam kategori sangat baik dan penilaian dari ahli layanan mendapat 93,7 yang artinya masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian media kartu Dare To Play a Role (DPR) bermuatan nilai-nilai asertif layak untuk digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP untuk menyampaikan materi tentang nilai-nilai asertif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kartu dare to play a role (DPR), asertif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 04:01 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65335 |
Actions (login required)
View Item |