PENGEMBANGAN RPP DAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA NU SUMBER AGUNG POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS

Muhammad, Suprianto and Dwi, Sulisworo and Ishafit, Ishafit (2016) PENGEMBANGAN RPP DAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA NU SUMBER AGUNG POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS. In: Seminar Nasional Pendidikan Serentak Se Indonesia Tahun 2016, 20 March 2016, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of muh suprianto dwi ishafit369-319-1-PB.pdf]
Preview
Text
muh suprianto dwi ishafit369-319-1-PB.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://conf.unnes.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKS berbasis problem based learning pada materi momentum dan impuls di MA NU Sumber Agung. Selain itu juga penlitian ini
untuk mengetahui kelayakan RPP dan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan.
Penelitian ini merupakan penelitain pengembangan. Produk yang dikembangkan 3 RPP dan 4 LKS fisika materi momentum dan impuls berbasis problem based learning. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru fisika untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa dan lembar penilaian guru terhadap LKS untuk aspek kepraktisan, serta soal tes penguasaan konsep dengan 20 soal pilihan ganda untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata total penilaian validator adalah 167,60 dan LKS memenuhi kriteria baik dengan skor rata-rata penilaian validator 140,33. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik sedangkan aspek
kepraktisan berdasarkan penilaian guru memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 79,125%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Prof. Dr Dwi Sulisworo
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:22
Last Modified: 25 Apr 2017 03:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item