Mutiah, Lutfia Khansa and Dwi, Sulisworo (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Siswa Homeschooling. In: Seminar Pendidikan Fisika, Fisika dan Aplikasinya (SPFA), 26 – 27 November 2016, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
27-81-1-PB.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang bersifat mobile berbasis android untuk siswa homeschooling kelas X, serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan termodifikasi. Tiga tahap awal pada prosedur pengembangan 4D yang dilalui pada penelitian ini adalah Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan). Media pembelajaran yang dihasilkan adalah aplikasi mobile learning berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada pokok bahasan Dinamika Partikel. Instrumen
penelitian mengggunakan lembar penilaian dengan sumber data ahli media, ahli materi, ahli IT, peer-reviewer dan respon siswa Homeschooling Anugrah Bangsa Yogyakarta kelas X.
Kelayakan media yang dikembangkan dinilai berdasarkan hasil penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa kelayakan media yang dikembangkan adalah sebesar 75,88% yang berarti Baik (B), dan respon siswa menunjukkan nilai 85,83% termasuk pada kategori Sangat Baik (SB). Pemanfaatan media ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemahaman materi pelajaran melalui media berbasis android untuk siswa homeschooling yang dapat diakses dari mana saja.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Prof. Dr Dwi Sulisworo |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 03:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 03:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6543 |
Actions (login required)
View Item |