‘PENDIDIKAN KARAKTER’ SANTUN BERBAHASA MELALUI DONGENG

Pambudi, Dholina Inang and Prasetya, Rahayu Ika (2016) ‘PENDIDIKAN KARAKTER’ SANTUN BERBAHASA MELALUI DONGENG. Prosiding ALFA VI "Pemantapan Active Learning dan National Identity Di Era MEA Menuju Generasi Emas Indonesia Yang Santun Berbahasa. ISSN -

[thumbnail of artikel-dholina-unwidha.pdf]
Preview
Text
artikel-dholina-unwidha.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang diberikan harus mencakup tiga ranah yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Adapun empat ranah keterampilan berbahasa, yaitu membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Berkaitan dengan minat membaca dan kesantunan berbahasa pada anak khususnya siswa sekolah dasar masih sangat kurang. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat membaca dan kesantunan berbahasa anak khususnya di sekolah dasar adalah melalui dongeng. Dongeng dapat diterapkan sebagai media inspirasi dalam menumbuhkan keterampilan santun berbahasa dan minat baca pada anak melalui cerita gambar yang tersaji dalam dongeng. Anak secara langsung dapat menerapkan santun berbahasa dalam interaksi di kehidupan sehari-hari. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan daya baca siswa SD dan kesantunan berbahasa yang diperoleh dari dongeng. Selain itu, dongeng bermanfaat sebagai penumbuh dan pengembangan nilai moral anak, dengan kata lain dongeng sebagai media inspirasi pembentukan karakter bangsa.
Kata Kunci: Santun Berbahasa, Minat Baca, Dongeng, Pendidikan Karakter

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 03 May 2017 03:51
Last Modified: 03 May 2017 03:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item