ANALISA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA GURU MATEMATIKA SMP

Hidayat, Agus Sofian Eka (2016) ANALISA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA GURU MATEMATIKA SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) 2016. ISSN 9772407749030

[thumbnail of 1 Agus Sofian Eka Hidayat - Abstrak + Full Paper.pdf]
Preview
Text
1 Agus Sofian Eka Hidayat - Abstrak + Full Paper.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dilakukan oleh beberapa guru matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terintegrasi dalam pelaksanaan pelatihan INNOMATTS. Subjek dari penelitian ini adalah lima guru matematika SMP di Kota Semarang yang merupakan peserta pelatihan model INNOMATTS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan terhadap dokumen RPP; cara kerja guru dalam penyusunan RPP; pelaksanaan pembelajaran; cara kerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran; danpenilaian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta bahwa pada umumnya guru mampu merancang pembelajaran dengan dengan menerapkan prinsip dan karakteristik RMEakan tetapi dalam ranah implementasi masih terdapat guru yang mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan baik pembelajaran maupun penilaian dengan mengikuti karakteristik dari RME.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Panitia Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan
Date Deposited: 10 Jun 2017 05:53
Last Modified: 10 Jun 2017 05:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item