Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Al Hidayat, Rahmat and Sayuti, Muhammad and Santosa, Budi (2024) Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. [Artikel Dosen]

[thumbnail of JSA - Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.pdf] Text
JSA - Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.pdf - Published Version

Download (330kB)
[thumbnail of Similarity Check] Text (Similarity Check)
DB_report_JSA - Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis pengaruh proses pembelajaran teaching factory terhadap kesiapan kerja siswa SMK Muhammadiyah Majenang; (2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Muhammadiyah Majenang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi liner berganda yang diolah menggunakan program SPSS dengan tahapan tabulasi data, uji asumsi klasik (multikolinieritas, heteroskedastisitas, normal P-P plot), uji kelayakan model (uji signifikansi simultan uji F, uji signifikansi parameter individual uji t, uji koefisien determinasi), dan
intepretasi model regresi linier. Hasil penelitian sebagai berikut (1) keterlibatan siswa dalam Pembelajaran Teaching Factory berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja. (2) motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja. (3) praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. (4) pembelajaran teaching factory, motivasi belajar dan praktik kerja indutri sangat berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja
siswa. Faktor pembentuk pembelajaran teaching factory yaitu kurikulum, standar isi, standar proses, sarana, prasarana, sumber daya manusia, pengelolaan personalia, pengelolaan
operasional, dan partnership. Faktor pembentuk motivasi belajar, motivasi instrumental, social, berprestasi dan intrinsik. Sedangkan faktor pembentuk praktik kerja industri yaitu melatih keterampilan manajemen, memecahkan masalah, penerapan ranah konseptual, disiplin, tertib budaya industri, tanggungjawab, keselamatan dan kesehatan kerja.

Kata Kunci: Teaching Factory, Motivasi Belajar, Praktik Kerja Industri, Kesiapan Bekerja,
Siswa SMK

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr. Muhammad Sayuti
Date Deposited: 10 Aug 2024 06:58
Last Modified: 10 Aug 2024 06:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/66478

Actions (login required)

View Item View Item