Pemodelan Gerak Parabola yang Dipengaruhi Seretan serta Spin Efek Magnus Bola dengan Program Modellus dan Excell

Purwadi, Purwadi and Ishafit, Ishafit (2014) Pemodelan Gerak Parabola yang Dipengaruhi Seretan serta Spin Efek Magnus Bola dengan Program Modellus dan Excell. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
27. 2014,Purwadi,Ishafit JRKPF.pdf - Published Version

Download (583kB)
[thumbnail of Cek Similarity] Text (Cek Similarity)
27__2014_Purwadi_Ishafit_JRKPF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gerak parabola adalah gerak yang banyak dijadikan sebagai model untuk pengajaran Fisika khususnya kinematika dalam hal penjumlahan kecepatan; dalam hal ini gerak lurus beraturan (GLB) dalam arah horisontal dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dalam arah vertikal. Dalam kenyataannya, gerak parabola dipengaruhi oleh variabel lain yaitu adanya hambatan udara yang membuat trayektori lintasan tidak lagi berbentuk parabola dengan asumsi adanya gesekan udara. Tendangan Bola dengan melibatkan faktor spin akan membuat lintasan lateral berbentuk melengkung karena adanya Efek Magnus. Dengan menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh dalam gerakan benda dan dibantu dengan software Modellus dan Excell, maka dibuat pemodelan untuk gerak benda.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Ishafit Ishafit
Date Deposited: 14 Sep 2024 01:33
Last Modified: 14 Sep 2024 01:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/70010

Actions (login required)

View Item View Item