PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SMA

Sahlan, Sahlan and Widodo, Widodo and Ishafit, Ishafit PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SMA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
37. PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SMA.pdf - Published Version

Download (294kB)
[thumbnail of Cek Similarity] Text (Cek Similarity)
37. UAN_APLIKASI_PHYPHOX_TERHADAP_MOTIVASI_BELAJAR_FISIKA_DI_SMA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantuan aplikasi phyphox dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning tanpa bantuan aplikasi phyphox terhadap motivasi belajar. Penenlitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan true experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group design didalamnya terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji menggunakan One-Way Anova berbantuan SPSS. 25, diperoleh nilai signifikan 0,008 < 0,05 (nilai Fhitung > Ftabel ; 7,708 > 4,24). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantuan aplikasi phyphox dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning tanpa bantuan aplikasi phyphox.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Ishafit Ishafit
Date Deposited: 14 Sep 2024 01:33
Last Modified: 14 Sep 2024 01:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/70137

Actions (login required)

View Item View Item