Grit pada Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis dan Self Regulated Learning

Paramitha, Ailsa Prajna and Situmorang, Nina Zulida (2022) Grit pada Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis dan Self Regulated Learning. Jurnal UAD.

[thumbnail of Grit pada Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis dan Self Regulated Learning.pdf] Text
Grit pada Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis dan Self Regulated Learning.pdf

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pola asuh demokratis, self regulated learning dan grit
pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Instrumen penelitian menggunakan
tiga skala, yaitu skala pola asuh demokratis, skala self regulated learning, dan skala grit. Subjek penelitian ini
adalah siswa-siswi salah satu SMA Negeri di Yogyakarta yang berada dikelas XII IPA dan IPS sejumlah 101
siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil
analisis menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dan
self regulated learning dengan grit yang di tunjukkan dengan p = 0,000 < 0,01; 2) terdapat hubungan yang
positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan grit yang di tunjukkan dengan p = 0,001 <
0,01 dan 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self regulated learning dan grit yang ditunjukkan
dengan p = 0,001 > 0,05. Hasil analisis data diperoleh sumbangan efektif total sebesar 21,21% dengan
sumbangan pola asuh demokratis sebesar 10,82% dan sumbangan self regulated learning sebesar 10,39%.
Penelitian ini menunjukkan pola asuh demokratis memberikan sumbangan terbanyak pada grit.

Kata kunci: grit, pola asuh demokratis, self regulated learning

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Dr Nina Zulida Situmorang
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:43
Last Modified: 02 Sep 2024 02:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/70637

Actions (login required)

View Item View Item