Regulasi Emosi Berpengaruh pada Perilaku Agresif Siswa SMA

Kahar, Mu’mina Kurniawati SJ and Situmorang, Nina Zulida and Urbayatun, Siti Regulasi Emosi Berpengaruh pada Perilaku Agresif Siswa SMA. Psyche 165 Journal.

[thumbnail of DB_report_6. Regulasi Emosi Berpengaruh pada Perilaku Agresif Siswa SMA_419.pdf] Text
DB_report_6. Regulasi Emosi Berpengaruh pada Perilaku Agresif Siswa SMA_419.pdf

Download (1MB)

Abstract

Regulasi Emosi dinilai sangat berpengaruh terhadap munculnya perilaku agresif, terutama pada siswa SMA. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan mengenali hubungan regulasi emosi dengan perilaku agresif yang terjadi pada siswa SMA di
Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diperoleh dengan metode cluster
random sampling. Metode yang digunakan merupakan Metode kuantitatif dengan skala perilaku agresif serta skala regulasi
emosi selaku perlengkapan pengumpulan data. Analisis data yang dipakai merupakan teknik analisis product moment. Ada
hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosional dengan perilaku agresif pada siswa SMA di Yogyakarta dengan
pergantian nilai F sebesar 59, 314 dengan tingkatan signifikansi 0, 000 (p <0,01) yang sangat signifikan dengan kontribusi
efektif sebesar 37, 7%. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi
dengan perilaku agresif. Semakin besar regulasi emosi maka rendah pula perilaku agresif siswa SMA di Yogyakarta, dan
semakin rendah regulasi emosi maka tinggi pula perilaku agresif pada siswa SMA di Yogyakarta. Sehingga penelitian ini
sangat cocok untuk melihat bagaimana perilaku agresif dapat muncul dikarenakan regulasi emosi yang dimiliki oleh siswa
SMA

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Dr Nina Zulida Situmorang
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:23
Last Modified: 05 Sep 2024 03:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/71201

Actions (login required)

View Item View Item