Repository UAD

Pengaruh Implementasi Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Listrik Dinamis

Ariyanti, Rini and Suparwoto, S and Muchlas, M (2014) Pengaruh Implementasi Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Listrik Dinamis. In: Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 26 April 2014, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2014-muchlas-PROC-HFI-pengaruh-implementasi-virtual-lab.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh implementasi pembelajaran Virtual Lab terhadap pemahaman konsep fisika; dan 2) kontribusi pretest, kemampuan mekanis, tata hitung, dan pandang ruang terhadap pemahaman konsep fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control-group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konsep listrik dinamis siswa yang diajar menggunakan media Virtual Lab lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dengan peningkatan skor dari 51,613 ke 69,758; 2) besarnya kontribusi efektif untuk pretest 13,46 %, kemampuan mekanis 3,06 %, kemampuan tata hitung 1,04 %, dan kemampuan pandang ruang 0,24 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:28
Last Modified: 08 Sep 2017 02:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.