Pengembangan Simulator Berbasis Matlab Untuk Pembelajaran Praktik Karakteristik Motor Induksi Tiga Fase

Muchlas, M (2016) Pengembangan Simulator Berbasis Matlab Untuk Pembelajaran Praktik Karakteristik Motor Induksi Tiga Fase. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of cover-abstrak-muchlas.pdf] Text
cover-abstrak-muchlas.pdf

Download (392kB)

Abstract

Pembelajaran praktik mesin-mesin listrik induksi berdaya tinggi memerlukan biaya besar dan mengandung resiko terjadinya kerusakan pada mesin-mesin tersebut untuk frekuensi penggunaan terus-menerus. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan produk berupa simulator motor induksi tiga fase berbasis pemrograman MATLAB yang dapat digunakan sebagai perangkat praktik yang valid, efisien, fleksibel dan aman untuk materi pembelajaran mesin-mesin listrik berdaya tinggi. Melalui penelitian ini juga ingin diperoleh informasi tentang persepsi pengguna terhadap simulator dan dampak pembelajarannya sebagai perangkat praktik.
Prosedur pengembangan produk pada penelitian ini meliputi: analisis kebutuhan, eksplorasi referensi, penentuan model persamaan diferensial motor induksi, penetapan spesifikasi, perancangan antarmuka dan komputasi, serta evaluasi produk. Validitas produk dilakukan dengan membandingkan parameter karakteristik hasil simulasi dari produk yang dikembangkan dengan hasil simulasi menggunakan SIMULINK. Subjek ujicoba ini adalah motor induksi tiga fase sebanyak tujuh jenis yang dioperasikan pada mode direct on line supplied dan ramp-up supplied. Hasil simulasi dinyatakan sama apabila persentase perbedaan parameter dari karaktersitik yang dihasilkan keduanya kurang dari 5%. Fungsionalitas dari panel-panel simulator diuji menggunakan black box testing oleh tiga orang yang dipandang independen dan memiliki kompetensi dalam bidang teknik elektro dan rekayasa perangkat lunak. Data-data uji fungsionalitas produk berupa skor pandangan tester tentang kesesuaian output produk terhadap input yang diberikan, dan diperoleh melalui instrumen lembar observasi. Semua panel simulator dinyatakan berfungsi dengan baik apabila semua tester menyatakan sesuai untuk semua aspek yang diuji. Persepsi subjek sebanyak 19 orang mahasiswa teknik elektro, digali menggunakan kuesioner dan ketuntasan belajar subjek menggunakan lembar jawab praktik. Persepsi dan ketuntasan belajar dinyatakan baik apabila persentasenya lebih besar dari 60%, yang menunjukkan produk yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai perangkat praktik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk simulator yang dikembangkan dapat menampilkan karakteristik motor induksi tiga fase sesuai dengan hasil simulasi SIMULINK, dan semua panel yang tersedia dapat berfungsi dengan baik. Subjek penelitian memberikan persepsi yang positif terhadap aspek tampilan (81%) maupun aspek instruksional (82,2%) produk yang dikembangkan. Penerapan produk simulator yang dikembangkan sebagai perangkat praktik dapat memberikan ketuntatasan belajar yang baik (84%) pada pembelajaran praktik tentang karakteristik motor induksi tiga fase.

Item Type: Experiment
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:29
Last Modified: 08 Sep 2017 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7173

Actions (login required)

View Item View Item