Rofidah, Fa'izatur (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kemampuan literasi matematis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik kelas XI SMK. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006047_JUDUL__240626051001.pdf Download (967kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006047_BAB_I__240626101043.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006047_BAB_II__240626101043.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006047_BAB_III__240626101043.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006047_BAB_IV__240626101043.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006047_BAB_V__240626101043.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006047_DAFTAR_PUSTAKA__240626101043.pdf Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006047_LAMPIRAN__240626101043.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang didapat dengan melakukan wawancara terhadap guru matematika SMK Negeri 3 Yogyakarta yang menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang masih tergolong rendah dan belum adanya media pembelajaran yang mendukung kemampuan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi peluang kejadian majemuk dan mengujicobakan LKPD tersebut untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan LKPD dalam mendukung kemampuan literasi matematis peserta didik.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validator penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Otomotif (TO) 4 SMK Negeri 3 Yogyakarta, dengan jumlah 5 peserta didik untuk uji coba kelas kecil dan 29 peserta didik pada uji coba kelas besar. Teknik pengumpalan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan pengisian angket. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian didapatkan skor ahli materi dan ahli media masuk ke dalam kategori sangat valid dengan persentase ahli materi sebesar 88,13 �n ahli materi sebesar 92,97 �n hasil respon peserta didik terhadap LKPD masuk ke dalam kategori sangat praktis dengan persentase skor rata-rata 93,65 %. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kemampuan literasi matematis menggunakan model pembelajaran prolem based learning dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas XI SMK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, problem based learning, kemampuan literasi matematis, peluang kejadian majemuk |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 08:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75587 |
Actions (login required)
View Item |