Pranajaya Rezqyta, Yazied (2024) Perancangan ulang user interface aplikasi MySF menggunakan Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016165_JUDUL__240626113945.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016165_BAB_I__240626113946.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016165_BAB_II__240626113946.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016165_BAB_III__240626113946.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016165_BAB_IV__240626113946.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016165_BAB_V__240626113946.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016165_DAFTAR_PUSTAKA__240626113946.pdf Download (147kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016165_LAMPIRAN__240626113946.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
PT Smartfren Telecom Tbk (IDXFREN) adalah perusahaan telekomunikasi dengan perkembangan tercepat di Indonesia pionir layanan internet 4G LTE dan layanan VoLTE yang mengembangkan aplikasi bernama MySF yaitu aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan kebutuhan pengguna smartfren. Penerapan metode affinity diagram pada ulasan pengguna aplikasi MySF di Google Play Storediperoleh insight bahwa pengguna menginginkan tampilan yang lebih menarik dan responsif sehingga pengguna dapat menemukan fitur yang dibutuhkan, kemudian pengguna dapat menggunakan fitur pemilihan kuota yang ingin dipakai dan tersedianya metode pembayaran menggunakan virtual account. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Membuat user interface berdasarkan ulasan aplikasi MySF pada Google Play Store dengan hasil High Fidelity Prototype. (2) Mengetahui apakah perancangan ulang user interface aplikasi MySF dalam bentuk High Fidelity Prototype dapat menjadi lebih baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, dimana melibatkan pengguna sebagai fokus utama di setiap tahapan penelitian. Tahapan yang dilakukan dimulai dari tahap empathize yaitu menggali masalah pengguna melalui observasi dan wawancara, pada tahap define yaitu untuk menentukan masalah utama, tahap ideate yaitu langkah mengembangkan ide dan solusi dari masalah utama. Pada tahap prototype dilakukan dua langkah implementasi alternatif solusi low fidelity wireframe dan high fidelity wireframe. Pada tahap terakhir yaitu pengujian untuk melihat nilai efektivitas menggunakan binary success, efisiensi menggunakan timebased efficiency dan kepuasaan menggunakan system usability scale (SUS) dari pengguna ketika menggunakan prototype. Pengujian dilakukan dengan cara menjelaskan skenario dan dilanjutkan pengguna melakukan simulasi menggunakan smartphone.
Pengujian perancangan ulang diperoleh hasil aspek efektifitas sebesar 100%, aspek efisiensi dengan menggunakan persamaan time based efficiency mendapatkan nilai efisiensi sebesar 8,31 detik/skenario waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan setiap satu skenario dan nilai kepuasan (SUS) pengguna sebesar 72,5 pada kategori (Acceptable) dengan grade scale menunjukan nilai B dan adjective ratings mendapatkan hasil good yang berarti Prototype High-fidelity aplikasi MySF digunakan dengan baik oleh pengguna dari segi efektivitas, efisiensi, dan nilai kepuasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Design thinking, usability, user interface, UI, MySF |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 08:20 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 08:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75588 |
Actions (login required)
View Item |