Ilham Fauzi Wiranugraha, R. (2024) Pengaruh bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kadipaten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001129_JUDUL__240813110850.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001129_BAB_I__240812105608.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001129_BAB_II__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001129_BAB_III__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001129_BAB_IV__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001129_BAB_V__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001129_DAFTAR_PUSTAKA__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001129_LAMPIRAN__240812105608.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Kadipaten. Kemandirian belajar sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik karena dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak bisa memberikan pengetahuan peserta didik begitu saja. Dengan demikian peserta didik harus membangun sendiri pengetahuannya dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk menentukan sendiri informasi dan mengaplikasikannya dengan pembelajaran yang mengupayakan peserta didik memiliki kesadaran untuk menggunakan starteginya sendiri dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kadipaten.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kadipaten 2023/2024 sebanyak 298 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sebanyak 6 peserta didik yang diambil dari kelas VIII E. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu skala likert. Teknik analisa yang dipakai yakni paired sample t-test.
Penelitian ini dilaksanakan dengan intervensi selama 5 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata kemandirian belajar siswa. Hal dibuktikan dengan terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kadipaten sebesar 55,5%. Hasil dari analisis data statistic paired sample t-test menunjukkan hasil nilai Asymp.Six(2-tailed) sebesar 0.000 (<0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving mempengaruhi sebesar 55,5% terhadap kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan kelompok, problem solving, kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 05:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 05:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75742 |
Actions (login required)
View Item |