Upaya guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam mengembangkan pendidikan karakter religius di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Mahardika, Hendra (2024) Upaya guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam mengembangkan pendidikan karakter religius di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031161_JUDUL__240816114702.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031161_BAB_I__240815101222.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031161_BAB_II__240815101222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031161_BAB_III__240815101222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031161_BAB_IV__240815101222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031161_BAB_V__240815101222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031161_DAFTAR_PUSTAKA__240815101222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia yang dikenal dengan karakter lemah lembutnya pada saat ini mengalami kemunduran, hal ini disebabkan karena minimnya pengamalan ilmu yang sudah didapat di bangku sekolah. Berbeda dengan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang masih terlaksanakannya pendidikan karakter religius. Dengan adanya fenomena seperti ini menarik peneliti untuk meneliti tentang upaya guru ISMUBA dalam mengembangkan pendidikan karakter religius peserta didik, dengan tujuan mengetahui tentang upaya pendidikan karakter religius, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam mengembangkan pendidikan karakter religius di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer yaitu kepala sekolah, waka ISMUBA, guru ISMUBA, dan peserta didik. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi waktu. Serta teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan upaya guru ISMUBA dalam mengembangkan pendidikan karakter religius peserta didik melalui program yang berlandaskan ISMUBA, pemahaman, praktek, bimbingan, dan kontrol peserta didik. Faktor pendukung adanya kebijakan persyarikatan, SDM berkualitas yang bisa menjadi role model, dan kerjasama antar warga sekolah yaitu kerjasama guru dan tendik, serta antusias dari peserta didik dalam menjalani aturan dan program sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak bisa menyaring yang baik dari perkembangan zaman, lingkungan yang tidak bagus, kecanduan gadget, kurangnya kontrol dari orang tua disebabkan orang tua jauh, serta tingkat daya tangkap dan kreativitas yang kurang akibat kemaksiatan yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Guru ISMUBA, pendidikan karakter, religius, upaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:21
Last Modified: 03 Oct 2024 09:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75802

Actions (login required)

View Item View Item