Dampak positif school well-being pada siswa di sekolah

Azhari, Azhari and Situmorang, Nina Zulida Dampak positif school well-being pada siswa di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of Dampak positif school well-being_3436-8155-1-SM.pdf] Text
Dampak positif school well-being_3436-8155-1-SM.pdf

Download (463kB)

Abstract

Siswa pada usia remaja lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah dari pada di tempat lain.
Sekolah perlu menciptakan kondisi yang nyaman, menyenangkan dan tidak membosankan.
Penyediaan sekolah yang memadai dan kondusif dalam pemenuhan fasilitas dapat meningkatkan
kemampuan belajar siswa. Selain itu, lingkungan yang sehat dan baik akan berdampak pada nilai
siswa dikelas. Untuk itu persepsi siswa terhadap kondisi-kondisi tersebut berpengaruh terhadap
penilaian siswa terhadap sekolahnya. Penilaian subjektif siswa terhadap sekolahnya inilah yang
disebut dengan school well-being. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif
school well-being pada siswa di sekolah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode
kajian pustaka atau literatur review. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa
dampak positif dari school well-being diantaranya adalah siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk
belajar, siswa akan menjadikan kesulitan sebagai sebuah tantangan (efikasi diri tinggi), menciptakan
kesuksesan pada siswa, siswa mudah beradaptasi pada lingkungan yang dianggap sulit dan dapat
menurunkan tingkat agresivitas pada siswa.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Dr Nina Zulida Situmorang
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:03
Last Modified: 03 Oct 2024 09:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75847

Actions (login required)

View Item View Item