Maulia Rahma, Avina (2024) Efektivitas model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran IPAS terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005153_JUDUL__240926011224.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005153_BAB_I__240926011224.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005153_BAB_II__240926011224.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005153_BAB_III__240926011224.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005153_BAB_IV__240926011224.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005153_BAB_V__240926011224.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005153_DAFTAR_PUSTAKA__240926011224.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005153_LAMPIRAN__240926011225.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005153_NASKAH_PUBLIKASI__240926011225.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan pada peserta didik
kelas IV. Banyak proses pembelajaran yang hanya sekedar menedengarkan,
mengerjakan tugas, dan hanya terfokus pada buku saja sehingga pembelajaran di
kelas sangat pasif. Hal tersebut menyebabkan kurangnya interaksi antara pendidik
dan peserta didik atau peserta didik dengan peserta didik lainnya sehingga
pembelajaran yang dilaksanakan menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
pembelajaran IPAS materi keragaman budaya di kelas IV SD N Kintelan 1.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah pre-Experimental Design dengan bentuk
desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan dikelas IV SD
Negeri Kintelan 1 dengan subjek 26 peserta didik. Alat penelitian yang digunakan
berupa lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Data diperoleh dengan dianalisis
secara deskriptif dan diuji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model
pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPAS materi keragaman
budaya terdapat 5 fase, yaitu presentasi tujuan dan motivasi, pembentukan
kelompok dengan mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok
belajar, kerja sama dalam kelompok, evaluasi, dan memberi penghargaan/rewards.
(2) efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam
pembelajaran IPAS materi keragaman budaya. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis yang telah dilakukan, hasilnya menunjukan bahwa pada saat pre-test
peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 82,19 dan post-test peserta didik
memperoleh rata-rata sebesar 95,5. Analisis data ini dilakukan dengan SPPSS versi
29 dan didapatkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan
keaktifan belajar setelah diterapkan model STAD dengan sebelum diterapkannya
model STAD. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001
pada penerapan model STAD, sehingga hipotesis nol (HO) ditolak dan (H1) teruji
kebenarannya, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan
sesudah penerapan model STAD. Dengan demikian, penggunaan model STAD
efektif meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS
materi keragaman budaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | STAD, keaktifan, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 04:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 04:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75977 |
Actions (login required)
View Item |