Implementasi ekstrakurikuler robotik dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri siswa SD Muhammadiyah Purwodiningratan

Anis Safira, Rosa (2023) Implementasi ekstrakurikuler robotik dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri siswa SD Muhammadiyah Purwodiningratan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005260_JUDUL__230729015122.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005260_BAB_I__230729103743.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005260_BAB_II__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005260_BAB_III__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005260_BAB_IV__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005260_BAB_V__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005260_DAFTAR_PUSTAKA__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005260_LAMPIRAN__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005260_NASKAH_PUBLIKASI__230729103743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah sebagai salah satu pihak pembentuk kepribadian anak serta sarana untuk mengembangkan dan mengoptimalkan fungsi otak pada individu siswa, harus menyediakan fasilitas yang dapat menyalurkan bakat serta minatnya agar anak terhindar dari hal-hal negatif. Sekolah dapat memfasilitasi siswa dengan lebih menyediakan tempat bagi kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya ekstrakurikuler robotik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler robotik siswa dapat mengembangkan karakter kerativitas dan karakter mandiri. Pembentukan karakter di sekolah dapat membawa siswa ke pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan secara afektif, dan akhirnya ke pengenalan nilai secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi ekstrakurikuler robotik dan mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat implementasi ekstrakurikuler robotik dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri siswa di sd Muhammadiyah Purwodiningratan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler robotik dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri telah terlaksana dengan baik. Teknik untuk membentuk karakter kreatif siswa yakni meningkatkan ketertarikan siswa dalam menemukan hal baru; pemberian kesempatan agar siswa dapat mengeksplore diri; pemberian motivasi dan pujian; dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pembentukan karakter mandiri dalam ekstrakurikuler robotik dilakukan melalui pembiasaan, seperti: pembiasaan tidak tergantung dengan orang lain, pembiasaan untuk memperbaiki kesalahan dan mencobanya hingga berhasil; meningkatkan keingintahuan dan sikap percaya diri siswa. Faktor pendukung implementasi ekstrakurikuler robotik terdiri dari faktor internal, seperti: minat, feedback (umpan balik), keinginan belajar yang berasal dari dalam diri siswa; semangat atau motivasi siswa, dan sikap rasa ingin tahu siswa. Faktor pendukung eksternal diantaranya sekolah, Tim manajemen yang baik, pelatih yang berkompeten dibidangnya, dukungan orangtua, dan lingkungan sekolah yang nyaman. Faktor penghambatnya yaitu terbatasnya sarana dan prasarana, keterbatasan waktu pelaksanaan, kurangnya pelatih robotik di setiap kelas, keterbatasan biaya, kesulitan siswa, kurangnya fokus siswa, dan kurangnnya sikap tanggungjawab siswa terhadap tugasnya. Upaya untuk mengatasi hambatan diantaranya yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan, pemberian motivasi, dan melakukan koordinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ekstrakurikuler robotik, karakter kreatif, karakter mandiri, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Oct 2024 02:38
Last Modified: 05 Oct 2024 02:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75990

Actions (login required)

View Item View Item