Susilowati, Isnani (2023) Pengembangan modul berbasis Realistic Mathematic Education materi perkalian kelas III SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600005255_JUDUL__230729121333.pdf Download (575kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600005255_BAB_I__230729121333.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600005255_BAB_II__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600005255_BAB_III__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600005255_BAB_IV__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600005255_BAB_V__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005255_DAFTAR_PUSTAKA__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1600005255_LAMPIRAN__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005255_NASKAH_PUBLIKASI__230729121333.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perspektif peserta didik yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang cenderung sulit untuk dipahami. Konsep pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada umumnya kurang real dan konkrit baik dari segi pendekatan maupun media yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan langkah-langkah dan mengetahui kualitas modul berbasis Realistic Mathematic Education materi perkalian kelas III SD.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Define (Pendefinisian) dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Design (Perancangan) dilakukan dengan penyusunan instrumen, pemilihan bahan ajar, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Develop (Pengembangan) dilakukan dengan penilaian ahli dan uji coba pengembangan. Disseminate (Penyebaran) dilakukan dengan menerapkan modul berbasis RME materi perkalian untuk kelas III SD di SD Negeri Jatisawit.
Hasil penelitian ini berupa modul perkalian berbasis RME untuk kelas III SD mempunyai tingkat kelayakan yang sangat baik sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian ahli secara keseluruhan baik ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli media diperoleh nilai rata-rata 82,75 dengan kategori layak. Sementara itu, penilaian oleh peserta didik mendapat nilai dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian oleh praktisi pembelajaran mendapat nilai rata-rata 89 dengan kategori sangat layak serta memiliki tingkat kepraktisan yang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul, perkalian, realistic mathematic education |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76086 |
Actions (login required)
View Item |