Pengembangan modul berbasis Realistic Mathematic Education materi perkalian kelas III SD

Susilowati, Isnani (2023) Pengembangan modul berbasis Realistic Mathematic Education materi perkalian kelas III SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005255_JUDUL__230729121333.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005255_BAB_I__230729121333.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005255_BAB_II__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005255_BAB_III__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005255_BAB_IV__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005255_BAB_V__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005255_DAFTAR_PUSTAKA__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005255_LAMPIRAN__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005255_NASKAH_PUBLIKASI__230729121333.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perspektif peserta didik yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang cenderung sulit untuk dipahami. Konsep pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada umumnya kurang real dan konkrit baik dari segi pendekatan maupun media yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan langkah-langkah dan mengetahui kualitas modul berbasis Realistic Mathematic Education materi perkalian kelas III SD.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Define (Pendefinisian) dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Design (Perancangan) dilakukan dengan penyusunan instrumen, pemilihan bahan ajar, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Develop (Pengembangan) dilakukan dengan penilaian ahli dan uji coba pengembangan. Disseminate (Penyebaran) dilakukan dengan menerapkan modul berbasis RME materi perkalian untuk kelas III SD di SD Negeri Jatisawit.
Hasil penelitian ini berupa modul perkalian berbasis RME untuk kelas III SD mempunyai tingkat kelayakan yang sangat baik sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian ahli secara keseluruhan baik ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli media diperoleh nilai rata-rata 82,75 dengan kategori layak. Sementara itu, penilaian oleh peserta didik mendapat nilai dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian oleh praktisi pembelajaran mendapat nilai rata-rata 89 dengan kategori sangat layak serta memiliki tingkat kepraktisan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul, perkalian, realistic mathematic education
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:36
Last Modified: 08 Oct 2024 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76086

Actions (login required)

View Item View Item