Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar pada permainan tradisional bola bekel

Unggul Digdayana, Infiks (2023) Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar pada permainan tradisional bola bekel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006119_JUDUL__231219123509.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006119_BAB_I__231215100143.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006119_BAB_II__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006119_BAB_III__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006119_BAB_IV__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006119_BAB_V__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006119_DAFTAR_PUSTAKA__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006119_LAMPIRAN__231215100143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu cara atau teknik belajar matematika dikembangkan oleh kebudayaan yang berbeda-beda. Kebudayaan yang dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya tidak terlepas dari unsur matematika, seperti permainan tradisional. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terhadap permainan tradisional bola bekel. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aspek historis permainan bola bekel, (2) mengetahui aspek fundamental matematis pada permainan bola bekel, (3) mengetahui potensi penggunaan aspek matematis pemainan tradisional bola bekel pada materi KPK dan FPB.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi, Objek penelitian ini adalah Permainan Tradisional Bola Bekel terkait aspek historis dan matematis pada materi KPK dan FPB, sedangkan subjek penelitian ini sebagai narasumber adalah pengelola Museum Pendidikan dan Mainan KOLONG TANGGA dan pengelola Komunitas Play Plus Indonesia, serta beberapa anak kelas 3 dan kelas 4 SD yang bermain bola bekel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Isntrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Metode analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa permainan bola bekel merupakan permainan tradisional diturun-temurunkan dari zaman Yunani Kuno dan di bawa masuk ke Indonesia melalui penjajah dari bangsa Belanda. Kata bekel dari bahasa Belanda adalah bikkelen yang berarti membanting tulang, karena dahulu biji bekel terbuat dari engsel tulang tumit kaki belakang domba atau kambing. Permainan bola bekel yang dikenal masyarakat sudah dimodifikasi, seperti biji-biji bekel diganti dengan bahan kuningan dan plastik, awalnya tidak menggunakan bola, namun sekarang menggunakan bola yang terbuat dari karet. Cara bermainnya yaitu dengan melempar bola ke atas bersamaan dengan mengambil biji bekel yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini peneliti mengeksplorasi bahwa terdapat materi kelipatan, faktor, kelipatan persekutuan, faktor persekutuan, serta KPK dan FPB. Permainan tradisional bola bekel terdapat hubungan dengan materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendidikan tradisional bola bekel, etnografi, matematika, KPK dan FPB
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:37
Last Modified: 10 Oct 2024 01:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76269

Actions (login required)

View Item View Item