Sahara Dinata, Pionner (2023) Perancangan ulang dan usabiltas aplikasi Teman Bus menggunakan metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016054_JUDUL__231215071459.pdf Download (549kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016054_BAB_I__231215071459.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016054_BAB_II__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016054_BAB_III__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016054_BAB_IV__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016054_BAB_V__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016054_DAFTAR_PUSTAKA__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016054_LAMPIRAN__231215071459.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi Teman Bus merupakan aplikasi layanan publik berbasis Android dan iOS
yang dikembangkan oleh Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta pada
tahun 2020 dengan tujuan meningkatkan keselamatan dan keamanan serta
kenyamanan mobilisasi dengan jaringan transportasi umum. Pengguna aplikasi
dapat mengakses berbagai rute perjalanan yang dapat dilihat jadwal serta posisi bus
secara real time. Namun proses pemanfaatan aplikasi Teman Bus masih dinilai
belum maksimal karena ditemukan berbagai keluhan pengguna pada halaman
ulasan. Permasalahan juga diperkuat dengan data hasil wawancara kepada beberapa
pengguna aplikasi Teman Bus, yang mana mereka mengeluhkan tentang rincian bus
yang tidak dapat ternavigasi atau tidak muncul halaman aplikasi ketika diklik,
konten informasi pada fitur jadwal belum dilengkapi dengan informasi yang
dibutuhkan pengguna seperti nomor bus, halte transit bus, jarak, serta estimasi
waktu setiap halte transit yang tidak dapat diidentifikasi oleh pengguna.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian kualitatif ini yang
bertujuan untuk menyelidiki secara mendalam usabilitas aplikasi Teman Bus serta
merancang ulang aplikasi dengan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan
pengguna. Pengumpulan data diambil melalui wawancara user, observasi, dan
analisis pengguna. Melalui metode design thinking dengan tahapan proses
empathize, define, ideate, prototype dan test serta penerapan metode pengujian
usability testing pada pengujian hasil ide solusi desain berhasil meningkatkan
kualitas tingkat usability dan experience para responden pengguna aplikasi Teman
Bus.
Hasil ide solusi desain ulang mencapai efektivitas 100% dengan skor efisiensi lebih
tinggi dibandingkan aplikasi sebelum desain ulang serta skor SUS sebesar 80 yang
mendapatkan penilaian “Excellent” pada kategori Adjective Ratings, “Grade C”
pada kategori Grade Scale dan “Acceptable” pada kategori Acceptability Range.
Hasil dari evalusi usabilitas ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang
signifikan dalam pengembangan aplikasi Teman Bus yang lebih efektif,
memperkuat penggunaan Design Thinking dalam konteks perancangan aplikasi,
dan menyediakan panduan bagi pengembang aplikasi serupa dalam meningkatkan
pengalaman pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Teman bus, design thinking, usablity, usability testing |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76287 |
Actions (login required)
View Item |