Bima Praditya, Alvathera (2023) Implementasi pembelajaran tahsin dengan metode eja dan sifat huruf bagi lansia di Majelis Tahsin Besi Darussalam Ngaglik Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031272_JUDUL__231022082946.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031272_BAB_I__231021040710.pdf Download (606kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031272_BAB_II__231021040710.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031272_BAB_III__231021040710.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031272_BAB_IV__231021040710.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031272_BAB_V__231021040710.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031272_DAFTAR_PUSTAKA__231022082946.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Metode tahsin yaitu suatu cara untuk tilawah Al-Qur’an yang menitik beratkan pada makhorijul huruf dan sifat-sifat huruf, pembacaan hurufnya sesuai dengan makhrajnya. Metode ini melalui sistem eja dan sifat huruf. guru yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah SAW. Tujuan dari prnrlitian ini untuk mengetahui Bagaimana implementasi, faktor pendukung, penghambat dan pendorong dalam proses belajar tahsin eja dan sifat huruf. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi metode eja dan sifat huruf bagi lansia di Majelis tahsin Besi Darussalam Ngaglik Sleman dalam pembelajaran Al-Qur’annya
Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif penelitian dilakukan pada tahun 2023 di Majelis tahsin Besi Darussalam. Responden adalah guru pengampu yang berjumlah 2 orang dan santri berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan interview (wawancara) kemudia data diolah menjadi data yang lengkap.
Implementasi metode tahsin eja dan sifat huruf dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di sesuaikan dengan kemampuan santri dan tetap menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah secara individual’ klasikal dan baca simak. Faktor penghambat masih banyaknya santri yang kemampuan pengucapan hurufnya masih kesulitan, bacaan santri yang belum sesuai makhorijul hurufnya, kurangnya tenaga pendidik dan waktu pembelajaran. Faktor pendukung diantaranya: faktor internal; faktor yang muncul dari pribadi santri dan faktor eksternal, yaitu faktor keluarga, dan faktor lingkungan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, metode pembelajaran dan lansia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 04:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 04:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76328 |
Actions (login required)
View Item |