Implementasi pembelajaran tahsin dengan metode eja dan sifat huruf bagi lansia di Majelis Tahsin Besi Darussalam Ngaglik Sleman

Bima Praditya, Alvathera (2023) Implementasi pembelajaran tahsin dengan metode eja dan sifat huruf bagi lansia di Majelis Tahsin Besi Darussalam Ngaglik Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031272_JUDUL__231022082946.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031272_BAB_I__231021040710.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031272_BAB_II__231021040710.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031272_BAB_III__231021040710.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031272_BAB_IV__231021040710.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031272_BAB_V__231021040710.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031272_DAFTAR_PUSTAKA__231022082946.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode tahsin yaitu suatu cara untuk tilawah Al-Qur’an yang menitik beratkan pada makhorijul huruf dan sifat-sifat huruf, pembacaan hurufnya sesuai dengan makhrajnya. Metode ini melalui sistem eja dan sifat huruf. guru yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah SAW. Tujuan dari prnrlitian ini untuk mengetahui Bagaimana implementasi, faktor pendukung, penghambat dan pendorong dalam proses belajar tahsin eja dan sifat huruf. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi metode eja dan sifat huruf bagi lansia di Majelis tahsin Besi Darussalam Ngaglik Sleman dalam pembelajaran Al-Qur’annya
Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif penelitian dilakukan pada tahun 2023 di Majelis tahsin Besi Darussalam. Responden adalah guru pengampu yang berjumlah 2 orang dan santri berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan interview (wawancara) kemudia data diolah menjadi data yang lengkap.
Implementasi metode tahsin eja dan sifat huruf dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di sesuaikan dengan kemampuan santri dan tetap menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah secara individual’ klasikal dan baca simak. Faktor penghambat masih banyaknya santri yang kemampuan pengucapan hurufnya masih kesulitan, bacaan santri yang belum sesuai makhorijul hurufnya, kurangnya tenaga pendidik dan waktu pembelajaran. Faktor pendukung diantaranya: faktor internal; faktor yang muncul dari pribadi santri dan faktor eksternal, yaitu faktor keluarga, dan faktor lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, metode pembelajaran dan lansia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 12 Oct 2024 04:49
Last Modified: 12 Oct 2024 04:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76328

Actions (login required)

View Item View Item