Vidya Pratama, Yufaqih (2024) Pengaruh nomophobia terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001069_JUDUL__240118103439.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001069_BAB_I__240118103439.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001069_BAB_II__240117102112.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001069_BAB_III__240117102112.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001069_BAB_IV__240117102112.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001069_BAB_V__240117102113.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001069_DAFTAR_PUSTAKA__240117102113.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001069_LAMPIRAN__240117102113.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya dan semakin maraknya penggunaan smartphone diberbagai kalangan usia, termasuk remaja. Penggunaan smartphone bukan hanya memberikan manfaat, namun juga secara bersamaan akan memberikan dampak negatif jika tidak di iringi kebijaksanaan dalam pengunaanya. Salah satu dampak yang akan muncul adalah masalah nomophobia. Nomophobia merupakan buah hasil pemanfaatan perkembangan teknologi smartphone yang tidak tepat. Timbulnya perasaan cemas pengidap nomophobia jika jauh dari smarphone nya menjadi satu dari sekian faktor yang menyebabkan munculnya prokrastinasi akademik pada siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh nomophobia terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 578 siswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 250 siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini skala nomophobia dan prokrastinasi akademik dipilih untuk mengumpulkan data penelitian yang sebelumnya sudah teruji validitas isi dan validitas konstruk nya menggunakan rasch model serta teruji pula reliabilitasnya. Analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil uji regresi linier sederhana menjawab hipotesis penelitian ini yakni Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara nomophobia dan prokrastinasi akademik. Besaran pengaruh nomophobia terahadap prokrastinasi akademik sebesar 10% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam penyusunan program bimbingan dan konseling agar program layanan berorientasi dalam pencegahan dan penyelesaian masalah nomophobia dan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Smartphone, nomophobia, prokrastinasi akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76349 |
Actions (login required)
View Item |