Relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam menurut Imam Al-Ghazali dalam menghadapi digitalisasi pendidikan

Muhyidin, Muhyidin (2023) Relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam menurut Imam Al-Ghazali dalam menghadapi digitalisasi pendidikan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031182_JUDUL__231115104132.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031182_BAB_I__231115104132.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031182_BAB_II__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031182_BAB_III__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031182_BAB_IV__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031182_BAB_V__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031182_DAFTAR_PUSTAKA__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031182_LAMPIRAN__231115104132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memenuhi esensi kesempurnaan dalam Pendidikan Agama Islam. Di era digitalisasi ini penting untuk menerapkan sebuah sistem dalam pembelajaran agar dapat mencapai kesempurnaan dan kemudahan belajar. Penelitian mengenai relevansi nilai-nilai pendidikan agama islam menurut Imam Al-Ghazali dalam menghadapi digitalisasi pendidikan mengindikasikan urgensi penghayatan dan penerapan prinsip-prinsip agama dalam era teknologi dan digitalisasi yang semakin pesat. Imam Al-Ghazali merupakan tokoh ulama sekaligus ilmuwan yang menekankan pentingnya etika, moralitas, spiritualitas pada sebuah pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset studi kepustakaan (library research). Metode pengumpulan informasi ialah metode dokumentasi, pengumpulan data dengan cara studi penelaah terhadap buku-buku, literatur dari catatan maupun laporan peristiwa yang sudah berlalu dengan sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian dianalisa memakai reduksi data, penyajian informasi dan pencabutan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan hasil pembahasan; pertama, pendidikan sebagai peradaban bahwa, ilmu sebagai alat dalam menuju peradaban baru. Kedua, pendidikan jalan menuju kesadaran dan kasih sayang (rahmatan lil ‘alamin. ketiga , guru sebagai orangtua ideologis yang menyatakan posisi seorang guru yaitu mengasuh dan membimbing jalannya perkembangan akal murid. Keempat, pendidikan sebagai asas berpikir (bertanya, menjawab, dan terdapat keraguan). Kelima, pendidikan sebagai upaya menuju kedisiplinan. keenam, Pendidikan sebagai jihad melawan hawa nafsu . Ketujuh, pentingnya ilmu dalam beribadah. Kemudian nilai-nilai tersebut direlevansikan dalam menghadapi digitalisasi pendidikan. Tiga hal dalam menghadapi digitalisasi pendidikan yang harus digaris bawahi yaitu belajar, mengajar dan berkarya. Proses tersebut dipermudah dengan adanya berbagai referensi yang telah dibuat oleh kemendikbudristeksdikti seperti platform, materi, dan video lainnya yang membantu.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Relevansi, nilai-nilai, pendidikan agama Islam, digitalisasi pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 12 Oct 2024 01:22
Last Modified: 12 Oct 2024 01:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76360

Actions (login required)

View Item View Item