Pengembangan instrumen pengukuran keterampilan literasi dan numerasi kelas V SD

Bayu Aji, Fajar (2023) Pengembangan instrumen pengukuran keterampilan literasi dan numerasi kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005194_JUDUL__230325101553.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005194_BAB_I__230325101553.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005194_BAB_II__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005194_BAB_III__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005194_BAB_IV__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005194_BAB_V__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005194_DAFTAR_PUSTAKA__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005194_LAMPIRAN__230325101553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005194_NASKAH_PUBLIKASI__230325101554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy

Abstract

Instrumen keterampilan literasi numerasi merupakan suatu hal yang penting dalam mengukur keterampilan literasi numerasi siswa, namun dalam penggunaan instrument keterampilan literasi numerasi masih belum mendukung pada siswa kelas V di SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kualitas dan mengetahui efektivitas instrument pengukuran keterampilan literasi numerasi siswa kelas V SD
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model borg and gall (Penelitian Pendahuluan, Perencanaan Penelitian, Pengembangan Produk Awal, Uji Ahli, Uji Coba Lapangan, Revisi Uji Coba Lapangan, Uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan awal). Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di SD N Mutihan dengan jumlah 15 siswa dan uji coba efektivitas dilaksanakan di SD N Kotagede III dengan jumlah 20 siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah, data kualitatif, kuantitatif, dan uji efektivitas. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa kritik dan sara ahli materi, ahli evaluasi pembelajaran, guru dan siswa. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasil penilaian ahli, guru dan siswa. Data uji efektivitas penelitian ini berupa hasil perbandingan pre-test dan post-test dengan uji paired t-test.
Berdasarkan hasil peneitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 80,5 dengan kategori “baik”, kemudian ahli evaluasi pembelajaran memperoleh nilai 87,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Respon guru SD N Mutihan memberikan nilai 71,1 dengan kategori “Baik”, repon guru SD N Kotagede III memberikan nilai 75,5 dengan kategori “Baik” dan respon siswa SD N Mutihan diperoleh nilai 100 “Sangat Baik”. Hasil uji efektifitas diperoleh signifikasi 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak (terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa instrument pengukuran keterampilan literasi numerasi berkualitas, layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Instrumen soal , literasi numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:02
Last Modified: 15 Oct 2024 06:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76393

Actions (login required)

View Item View Item