Setiawan, Fajar (2023) Implementasi metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031166_JUDUL__230622063154.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031166_BAB_I__230622035839.pdf Download (412kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031166_BAB_II__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031166_BAB_III__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031166_BAB_IV__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031166_BAB_V__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031166_DAFTAR_PUSTAKA__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031166_LAMPIRAN__230622035839.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakangi masalah dalam penelitian adalah guru pendidikan agama islam dalam menerapkan Metode pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan khusus masih terdapat kendala dalam penerapanya. Sehingga dengan metode Cooperative Learning ini dirasa dapat meningkatkan kualitas belajar siswa anak berkebutuhan khusus. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana Implementasi Metode Coooperative Learning dalam pembelajaran Agama Islam bagi Anak berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 2 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. kemudian analisis data dilakukan dengan eduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun cek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Impementasi Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan khusus di SMP Negeri 2 Yogyakarta pada penerapannya terdapat tiga poin utama meliputi: perencanaan-persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dan persiapan guru menyiapakan materi pembelajaran dan menyampaikan tujuan serta motivasi belajar, lalu pelaksannan guru menyampaikan materi pembelajaran dan membuat kelompok, dan evalusi menjadi tolak ukur pembelajaran bagi peserta didik sudah sesuai dengan tujuan yang diingginkan. (2) faktor penghambat guru tidak berlatar belakang pendidikan ABK, karakter siswa, dan pembagian kelompok. Faktor pendukung guru di berikan fasilitas terkait edukasi pendidikan ABK dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi metode cooperative learning, anak berkebutuhan khusus, pembelajaran Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76398 |
Actions (login required)
View Item |