An Nabila, Zhafira (2023) Pengaruh pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode Thoriqatul Mubasyarah terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031274_JUDUL__230623095535.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031274_BAB_I__230623095535.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031274_BAB_II__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031274_BAB_III__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031274_BAB_IV__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031274_BAB_V__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031274_DAFTAR_PUSTAKA__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031274_LAMPIRAN__230623095535.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Arab diperlukan adanya metode ajar yang tepat bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Arab guna memberikan integritas yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa. Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta, guru pengampu menggunakan metode pembelajaran Thoriqatul Mubasyarah. Dengan diterapkannya metode pembelajaran tersebut, peneliti ingin mengukur tingkat pengaruh hasil belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode thoriqatul mubasyarah terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta dengan jumlah populasi 80 siswa kelas IV. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian populasi, sebagaimana menurut Arikunto jika subjek kurang dari 100 orang maka lebih baik diambil semua. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode thoriqatul mubasyarah (X) dan variabel dependennya yaitu hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV (Y). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan nilai hasil ulangan harian siswa kelas IV dengan teknik uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode thoriqatul mubasyarah (variabel X) masuk dalam kategori sedang dengan memperoleh presentase sebesar 45% dan tingkat hasil belajar Bahasa Arab siswa (variabel Y) juga digolongkan dalam kategori sedang dengan memperoleh presentase sebesar 40%. Adapun pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode thoriqatul mubasyarah terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan angka kepercayaan 95% maka Ha diterima. Adapun variabilitas pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode thoriqatul mubasyarah berpengaruh sebesar 16,1% dalam memperoleh hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV, sedangkan 83,9% dikontribusikan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Thoriqatul mubasyarah, bahasa Arab, hasil belajar, siswa kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76412 |
Actions (login required)
View Item |