Lestari, Inda (2023) Internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa di MAN 3 Bantul tahun ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031231_JUDUL__230623114756.pdf Download (675kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031231_BAB_I__230623114756.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031231_BAB_II__230623114756.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031231_BAB_III__230623114756.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031231_BAB_IV__230623114756.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031231_BAB_V__230623114757.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031231_DAFTAR_PUSTAKA__230623114757.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031231_LAMPIRAN__230623114757.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kualitas akhlak karena pengaruh dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga diperlukan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa MAN 3 Bantul. Tujuan penelitian ini, untuk (1) proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentu karakter siswa MAN 3 Bantul, (2) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa MAN 3 Bantul.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa, kepala sekolah, waka kurikulum dan guru akidah akhlak.
Hasil penelitian ini: (1) internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan mengunakan empat metode. Metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman (2) faktor pendukung internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah yakni dengan mrngunakan kurikulum khusus dan adanya faktor lingkungan. Faktor penghambat, ku-rangnya keteladanan dan semakin berkembangnya teknologi yang semakin pesat pada era sekarang yang mengakibatkan kualitas akhlak siswa menurun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Internalisasi, nilai-nilai, akhlakul karimah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:46 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76433 |
Actions (login required)
View Item |