Internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa di MAN 3 Bantul tahun ajaran 2022/2023

Lestari, Inda (2023) Internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa di MAN 3 Bantul tahun ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031231_JUDUL__230623114756.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031231_BAB_I__230623114756.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031231_BAB_II__230623114756.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031231_BAB_III__230623114756.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031231_BAB_IV__230623114756.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031231_BAB_V__230623114757.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031231_DAFTAR_PUSTAKA__230623114757.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031231_LAMPIRAN__230623114757.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kualitas akhlak karena pengaruh dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga diperlukan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa MAN 3 Bantul. Tujuan penelitian ini, untuk (1) proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentu karakter siswa MAN 3 Bantul, (2) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa MAN 3 Bantul.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa, kepala sekolah, waka kurikulum dan guru akidah akhlak.
Hasil penelitian ini: (1) internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan mengunakan empat metode. Metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman (2) faktor pendukung internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah yakni dengan mrngunakan kurikulum khusus dan adanya faktor lingkungan. Faktor penghambat, ku-rangnya keteladanan dan semakin berkembangnya teknologi yang semakin pesat pada era sekarang yang mengakibatkan kualitas akhlak siswa menurun.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Internalisasi, nilai-nilai, akhlakul karimah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:46
Last Modified: 15 Oct 2024 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76433

Actions (login required)

View Item View Item