Vika Risanti, Riza (2023) Pengembangan e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik SMP Kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006092_JUDUL__230811085005.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006092_BAB_I__230811085005.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006092_BAB_II__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006092_BAB_III__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006092_BAB_IV__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006092_BAB_V__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006092_DAFTAR_PUSTAKA__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006092_LAMPIRAN__230811085005.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dari
hasil kegiatan pra penelitian di MTs Negeri 3 Sleman. Berdasarkan kegiatan pra
penelitian tersebut diperoleh permasalahan bahwa peserta didik masih merasa sulit
pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kemudian media pembelajaraan
yang digunakan salah satunya adalah LKPD. Namun, LKPD tersebut belum
memanfaatkan media elektronik. Maka dari permasalahan tersebut, pengembangan
e-LKPD dapat menjadi solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
dan mengetahui kelayakan e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi
sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik SMP kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research &
Development. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan ADDIE. Tahap validasi dilakukan oleh dua validator ahli
materi dan dua validator ahli media. Pada kegiatan validasi diperoleh hasil bahwa
produk layak untuk diujicobakan kepada peserta didik untuk mendapatkan
penilaian dan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Pada uji
coba kelas kecil peneliti menggunakan 3 peserta didik kelas VIII Mts Negeri 3
Sleman dan pada uji coba kelas besar peneliti menggunakan 31 peserta didik kelas
VIII Mts Negeri 3 Sleman. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan pedoman wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata dari ahli materi sebesar
85,5 termasuk kategori sangat baik, skor rata- rata ahli media sebesar 87 termasuk
dalam kategori sangat baik, dan skor respon peserta didik sebesar 87,32 termasuk
dalam kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa produk yang
dikembangkan berupa e-LKPD berbasis problem based learning pada materi
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel sudah layak digunakan oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | E-LKPD, ADDIE, problem based learning, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76439 |
Actions (login required)
View Item |