SAPUTRI, NUGRAHENI (2023) Perancangan user interface marketplace UMKM batik menggunakan metode design thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800016132_JUDUL__230206102826.pdf Download (658kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800016132_BAB_I__230206102826.pdf Download (20kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800016132_BAB_II__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800016132_BAB_III__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800016132_BAB_IV__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800016132_BAB_V__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800016132_DAFTAR_PUSTAKA__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800016132_LAMPIRAN__230206102826.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
Abstract
Batik adalah salah satu warisan budaya yang mempunyai nilai budaya dan makna
yang tinggi. Industri batik tradisional yang ada di Indonesia umumnya merupakan
Usaha Kecil Menengah (UKM). Penjualan dari batik di UMKM Kabupaten Sleman
dari tahun ke tahun kian menurun. Hal ini dikarenakan menurunnya minat
masyarakat terhadap batik tradisional dan pengrajin batik dalam memasarkan
produk masih menggunakan metode tradisional seperti dari mulut ke mulut,
bermitra dengan toko atau berpartisipasi dalam pameran budaya untuk menjual
produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan berupa user interface
marketplace batik dengan menyediakan berbagai macam produk batik dan layanan
kustomisasi sesuai desain dari keinginan pembeli. Marketplace adalah sebagai
media berbasis online untuk membantu meningkatkan jumlah penjualan dan
pemasaran menjadi skala yang lebih luas bagi para pengrajin batik. Dalam membuat
perancangan user interface ini menggunakan metode design thinking. Metode ini
terdiri dari beberapa tahap yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype,
dan testing.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan user interface marketplace UMKM batik
yang membantu masyarakat atau pecinta batik dalam mencari berbagai jenis batik
dan mempermudah para pengrajin batik dalam memperluas pemasaran batik.
Pengujian menggunakan aspek efektifitas, efisiensi dan kepuasan pengguna. Hasil
pengujian yang diperoleh dari sisi pembeli mendapatkan nilai efektifitas dalam
menyelesaikan tugas sebesar 82%, rata-rata nilai efisensi yaitu 85 dan skor SUS
sebesar 73% pada kriteria penilaian adjective ratings mendapatkan hasil good.
Sedangkan dari sisi penjual mendapatkan nilai efektifitas dalam menyelesaikan
tugas sebesar 82,7%, rata-rata nilai efisensi yaitu 9% dan hasil skor SUS sebesar
73,13% pada kriteria penilaian adjective ratings mendapatkan hasil good.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Batik, UMKM, user interface, design thinking |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 06:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76460 |
Actions (login required)
View Item |