Repository Universitas Ahmad Dahlan

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pemanfaatan Sumber Belajar Online pada Materi Zat dan Wujudnya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas VII SMP

Downloads

Downloads per month over past year

Kristina Raja, Anjelina and Dwi, Sulisworo (2016) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pemanfaatan Sumber Belajar Online pada Materi Zat dan Wujudnya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas VII SMP. In: Seminar Nasional Quantum 2016.

[img]
Preview
Text
65-280-1-PBQuantum3.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemanfaatan sumber belajar online pada materi zat dan wujudnya untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas VII SMP PIRI 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitiaan tindakan kelas. Perencanaan tindakan kelas dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus serta teknik pengumpulan data untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan tes evaluasi esay untuk siklus I dan siklus II. Diperoleh hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 64,16 sedangkan untuk siklus II diperoleh rata-rata 76,2 dan mengalami peningkatan sebesar 12,04%. Dengan demikian proses belajar mengajar pada siklus II terlaksana dengan baik dari sebelumnya, Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemanfaatan sumber belajar online dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DR Dwi Sulisworo
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:58
Last Modified: 12 Oct 2017 04:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.