Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Aplikasi Mobile Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Ari Anggraini, Priska and Dwi, Sulisworo (2016) Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Aplikasi Mobile Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. In: Seminar Nasional Quantum 2016, 18 December 2016, Yogyakarta.

[thumbnail of 74-298-1-PBQuantum5.pdf] Text
74-298-1-PBQuantum5.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan aplikasi mobile. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan jenis data dan analisis datanya berbentuk kuantitatif yang menggunakan variabel univariat yaitu analisis yang menggunakan 1 variabel. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-test Design. Untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan uji gain skor. Dari pengujian gain skor didapatkan hasil 0,3 < 0,52 ≤ 0,7 dalam kriteria sedang dan dilakukan uji statistik Kolmogorov-Smirnov menggunakan SPSS 21 didapatkan hasil taraf signifikan 0,126 > 0,05 artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan taraf siginifikan 0,126> 0,05 maka H1 diterima. Karena H1 diterima berarti model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi mobile efektif terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Prof. Dr Dwi Sulisworo
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:57
Last Modified: 12 Oct 2017 04:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7666

Actions (login required)

View Item View Item