Firmansyah Syaputra, Achmad (2024) Analisis tingkat kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP se Balikpapan. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046006_JUDUL__240319064547.pdf Download (530kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046006_BAB_I__240319064547.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046006_BAB_II__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046006_BAB_III__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046006_BAB_IV__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046006_BAB_V__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046006_DAFTAR_PUSTAKA__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046006_LAMPIRAN__240319064547.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kebijakan Kurikulum Merdeka memberikan solusi atas ketertinggalan pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini berfungsi untuk membangun potensi dalam beberapa cara, termasuk proses pembelajaran interaktif dan pembuatan proyek. Pembelajaran ini akan menarik perhatian siswa dan mempersiapkan mereka untuk mengatasi tantangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapan guru SMP se Balikpapan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif yang memanfaatkan survei melalui kuesioner. Penelitian ini memiliki populasi penelitian sebanyak 1408 guru dan jumlah sampel sebanyak 312 orang dari SMP Negeri dan Swasta di Balikpapan. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif pada aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan temuan peneliti bahwa, (1) kesiapan guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP se-Balikpapan berada pada kategori Sedang, dengan nilai mean hipotetik sebesar 54,36; Dari 312 guru, terdapat 88 guru (28,21%) yang berada pada kategori Tinggi, 222 guru (71,15%) yang berada pada kategori Sedang, dan 2 guru (0,64%) yang berada pada kategori Rendah. (2) Komponen kemampuan mempunyai nilai rata-rata empirik sebesar 19,27 pada kategori Sedang, dengan jumlah pengajar (38,46%) pada kategori Tinggi sebanyak 120 orang dan kelompok Sedang sebanyak 192 guru (61,54%). (3) Nilai mean empiris komponen kognitif pada kelompok Tinggi sebesar 20,06; Jumlah pengajar (52,24%) yang berada pada kategori Tinggi sebanyak 163 orang, sedangkan guru yang berada pada kategori Sedang sebanyak 149 orang (47,76%). (4) Komponen penggunaan platform digital (inklusi digital) pada kategori Tinggi mempunyai nilai mean empiris sebesar 20,28; Guru sebanyak 161 orang (51,60%) dalam kategori Tinggi dan 151 orang pengajar (48,40%) dalam kategori Sedang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Guru, implementasi, kesiapan, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76865 |
Actions (login required)
View Item |