Rosyidin, Imam (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam menumbuhkan jiwa wirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046016_JUDUL__240405023826.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046016_BAB_I__240403105745.pdf Download (663kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046016_BAB_II__240403105745.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046016_BAB_III__240403105745.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046016_BAB_IV__240403105745.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046016_BAB_V__240403105745.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046016_DAFTAR_PUSTAKA__240403105745.pdf Download (557kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046016_LAMPIRAN__240403105745.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Imam Rosyidin. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan
Pendidikan di Indonesia masih terus menghadapi tantangan dengan masih rendahnya daya saing sumber daya manusia dan tingginya tingkat pengangguran. Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam manajemen pendidikan yang secara komprehensif harus diperhatikan karena akan sangat berkaitan dengan komponen manajemen pendidikan lainnya. Kewirausahaan adalah salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi tingkat pengangguran. Penerapan kurikulum merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan sebagai satuan pendidikan merupakan upaya transformasi pembelajaran agar lebih unggul diharapkan bisa menjadi langkah solutif dalam menumbuhkan jiwa wirausaha. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam menumbuhkan jiwa wirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi. Narasumber sejumlah 7 orang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan guru-guru Mata Pelajaran Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan. Peneliti melakukan triangulasi data dalam proses validasi data. Sedangkan tenik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dan analisis mengenai implementasi kurikulum merdeka dalam menumbuhkan jiwa wirausaha siswa ditemukan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Sleman telah mengintegrasikan kewirausahan dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan meliputi visi, misi dan tujuan sekolah serta dalam pengorganisasian pembelajaran dan program pengembangan. Kewirausahaan telah terintegrasi dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran kejuruan Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam pengembangan modul dan bahan ajar serta dalam program PKL. Aspek-aspek pendukung dalam penyusunan KOSP dan pembelajaran dalam menumbuhkan jiwa wirausaha meliputi teknologi digital, sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana, pendidik, dan fleksibilitas materi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | implementasi, kurikulum merdeka, wirausaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:58 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76907 |
Actions (login required)
View Item |