Rafi', Niswah Rusyda (2024) Pengembangan modul praktikum fisika berbasis Problem Based Learning menggunakan website Ophysics pada materi optika fisis. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700007008_JUDUL__240806080020.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700007008_BAB_I__240806080020.pdf Download (477kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700007008_BAB_II__240806080020.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700007008_BAB_III__240806080020.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700007008_BAB_IV__240806080020.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700007008_BAB_V__240806080020.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700007008_DAFTAR_PUSTAKA__240806080020.pdf Download (339kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700007008_LAMPIRAN__240806080020.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa pada pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika dianggap sulit untuk dipelajari. Pada proses pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang mendukung dan memudahkan siswa memahami materi fisika. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran modul pada materi optika fisis menggunakan website Ophysics berbasis PBL. Penggunaan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Siswa dapat berpikir kritis tentang ketrampilan pemecahan masalah dan memperoleh pengetahuan sesuai materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kelayakan Modul Praktikum Fisika berbasis Problem Based Learning menggunakan Website Ophysics pada materi optika fisis berdasarkan aspek materi.; (2) Untuk mengetahui kelayakan Modul Praktikum Fisika berbasis Problem Based Learning menggunakan Website Ophysics pada materi optika fisis berdasarkan aspek media.
Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengambilan data dengan observasi dan lembar penilaian. Analisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil kelayakan modul dilihat dari nilai validasi yang diperoleh.
Hasil penelitian yang diperoleh menujukan penilaian dari ahli materi 1 mendapatkan hasil 98% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Penilaian dari ahli materi 2 mendapatkan hasil 66% dengan kriteria ”Layak”. Penilaian dari ahli media 1 mendapatkan hasil 90% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Penilaian dari ahli media 2 mendapatkan hasil 82% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Penilaian dari pengguna guru mendapatkan hasil 76% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Dari seluruh penilaian tersebut mendapatkan hasil rata-rata 82,4% sehingga Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Website Ophysics pada Materi Optika Fisis layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul pembelajaran, PBL, Ophysics, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:34 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77003 |
Actions (login required)
View Item |