Implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila Kebhinekaan Global melalui pembelajaran budaya lokal batik SD Negeri Candi Gedangsari Gunung Kidul

Nurjanah, Annisah (2024) Implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila Kebhinekaan Global melalui pembelajaran budaya lokal batik SD Negeri Candi Gedangsari Gunung Kidul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005116_JUDUL__240824103939.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005116_BAB_I__240824103940.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005116_BAB_II__240824103940.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005116_BAB_III__240824103940.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005116_BAB_IV__240824103940.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005116_BAB_V__240824103940.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005116_DAFTAR_PUSTAKA__240824103940.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan penyelesaian dalam pelaksanaan implementasi penguatan profil pelajar Pancasila kebhinekaan global melalui pembelajaran budaya lokal batik di sekolah dasar. Dalam hal ini juga terdapat beberapa faktor yaitu diantaranya faktor pendukung dan penghambat. Permasalahan dalam kebhinekaan global budaya lokal batik peserta didik belum mencintai budaya batik seperti menggunakan baju batik peserta didik masih malu sehingga sekolah menekankan adanya pelaksanaan pemakaian seragam batik dan adanya gelar budaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Candi Gedangsari Gunung Kidul. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru batik, dan peserta didik kelas V berjumlah 8 orang. Objek penelitian ini adalah implementasi penguatan profil pelajar Pancasila kebhinekaan global melalui pembelajaran budaya lokal batik di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan triangulasi Teknik.
Hasil dari penelitian implementasi penguatan profil pelajar Pancasila kebhinekaan global melalui pembelajaran budaya lokal batik di sekolah dasar ditunjukan pada pelaksanaan pembelajaran yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adanya faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran budaya lokal batik mencangkup elemen pada kebhinekaan global diantaranya mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama dan refleksi dan tanggung jawab terhadap kebhinekaan global, dan berkeadilan sosial. Adapun faktor penghambat kurangnya rasa cinta budaya batik, kurangnya kreatifitas peserta didik dalam membuat motif batik dan bahan-bahan batik yang sulit di temui di daerah sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Penguatan, profil pelajar Pancasila, kebhinekaan global, budaya lokal batik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:15
Last Modified: 28 Oct 2024 03:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77080

Actions (login required)

View Item View Item