Damayanti, Selvira (2024) Efektivitas bimbingan kelompok pendekatan joyful learning teknik brain gym untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa MAN 2 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001143_JUDUL__240823113409.pdf Download (699kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001143_BAB_I__240823113409.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001143_BAB_II__240823113409.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001143_BAB_III__240823113410.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001143_BAB_IV__240823113410.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001143_BAB_V__240823113410.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001143_DAFTAR_PUSTAKA__240823113410.pdf Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001143_LAMPIRAN__240823113410.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dinamika permasalahan yang sering di alami oleh peserta didik di MAN 2 Sleman yakni kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan, reaksi emosional, fisik dan mental yang yang dapat merugikan individu dan dapat menyebabakan individu merasa lelah dan bosan dalam belajar. Peserta didik mengalami kejenuhan belajar ditandai dengan adanya rasa lelah, frustasi, kurang memiliki motivasi dalam belajar, kesulitan berkonsentrasi, serta kehilangan makna dan harapan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok pendekatan joyful learning teknik brain gym untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan studi pre-experimental dengan desain penelitian single group pre-test post-test. Populasi pada penelitian melibatkan seluruh siswa kelas X MAN 2 Sleman. Dan sampel yang digunakan berjumlah 8 siswa kelas X D yang diambil menggunakan purposive sampling. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan skala kejenuhan belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa uji statistic paired sample -t-test.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan skor rata-rata tingkat kejenuhan belajar siswa. Diperoleh skor rata-rata pretest kejenuhan belajar siswa yang berjumlah 889 dengan mean 111,13 sedangkan skor rata-rata setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok pendekatan Joyful learning teknik brain gym mengalami penurunan dengan jumlah skor 568 dengan mean 71. Selain itu, dari hasil uji paired sample t test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) < taraf signifikan (0,05) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok pendekatan joyful learning teknik brain gym efektif untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa MAN 2 Sleman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan kelompok, joyful learning, brain gym, kejenuhan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:49 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77104 |
Actions (login required)
View Item |