Prihantono, Rahmat Danisyah (2024) Implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Notoprajan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005319_JUDUL__240823102225.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005319_BAB_I__240823062054.pdf Download (448kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005319_BAB_II__240823062054.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005319_BAB_III__240823062054.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005319_BAB_IV__240823062054.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005319_BAB_V__240823062054.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005319_DAFTAR_PUSTAKA__240823062054.pdf Download (241kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005319_LAMPIRAN__240823102225.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena era society 5.0 menuntut penguatan karakter peserta didik untuk menghadapi kemajuan teknologi. Penguatan karakter dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan moral yang terjadi. Mengatasi permasalahan moral yang terjadi SD Muhammadiyah Notoprajan melakukan upaya penguatan nilai-nilai religius peserta didik melalui implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Notoprajan. Serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Notoprajan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, kepala bidang kesiswaan, 4 guru kelas, dan 4 peserta didik. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian di SD Muhammadiyah Notoprajan menunjukkan hasil behwa implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah berhasil membentuk karakter religius peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Implementasi dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dengan menyusun program, kebijakan sekolah dan jadwal pelaksanaan. Tahap pelaksanaan, nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam berbagai aspek budaya sekolah, dengan fokus pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yang dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan dan program sekolah. Evaluasi dilakukan melalui rapat mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Faktor pendukung pembawaan, kepribadian, kesadaran orang tua, peran guru, lingkungan sekolah, kurikulum, dan sarana prasarana sekolah. Faktor penghambat kurangnya kesadaran orang tua, keterbatasan lahan sekolah, dan rendahnya kesadaran peserta didik. Keterbaruan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Notoprajan sebagai penguatan karakter religius pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar pancasila, budaya sekolah, pendidikan karakter, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77120 |
Actions (login required)
View Item |