Irfan Alfarizi, Muhammad (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif di SD Muhammadiyah Demangan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005047_JUDUL__240923073404.pdf Download (861kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005047_BAB_I__240920082225.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005047_BAB_II__240920081131.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005047_BAB_III__240920081141.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005047_BAB_IV__240920081152.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005047_BAB_V__240920081202.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005047_DAFTAR_PUSTAKA__240920081214.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005047_LAMPIRAN__240920081230.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005047_NASKAH_PUBLIKASI__240920081818.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu fokus utama dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, dengan dimensi kreatif menjadi salah satu aspek penting yang harus dicapai oleh peserta didik. SD Muhammadiyah Demangan telah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam rangka membentuk karakter siswa yang kreatif. Namun, implementasi yang efektif dan dampaknya terhadap pengembangan dimensi kreatif siswa masih belum banyak diteliti, sehingga penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif di SD Muhammadiyah Demangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Ketua Kurikulum, Guru Kelas I, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Demangan. Objek penelitian berfokus pada pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif yang terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Demangan membentuk subdimensi kreatif dalam profil pelajar Pancasila. Kurikulum ini mendorong siswa untuk menghasilkan gagasan orisinal, karya, dan tindakan orisinal, serta mengembangkan keluwesan berpikir. Tujuan kurikulum, materi pembelajaran, strategi, dan evaluasi yang diterapkan mendukung pengembangan kreativitas siswa di berbagai tingkat kelas, mulai dari kelas I hingga kelas IV. Pendekatan berbasis proyek, kolaborasi, serta pemecahan masalah menjadi faktor kunci.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77182 |
Actions (login required)
View Item |