Implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif di SD Muhammadiyah Demangan

Irfan Alfarizi, Muhammad (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif di SD Muhammadiyah Demangan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005047_JUDUL__240923073404.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005047_BAB_I__240920082225.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005047_BAB_II__240920081131.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005047_BAB_III__240920081141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005047_BAB_IV__240920081152.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005047_BAB_V__240920081202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005047_DAFTAR_PUSTAKA__240920081214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005047_LAMPIRAN__240920081230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005047_NASKAH_PUBLIKASI__240920081818.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu fokus utama dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, dengan dimensi kreatif menjadi salah satu aspek penting yang harus dicapai oleh peserta didik. SD Muhammadiyah Demangan telah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam rangka membentuk karakter siswa yang kreatif. Namun, implementasi yang efektif dan dampaknya terhadap pengembangan dimensi kreatif siswa masih belum banyak diteliti, sehingga penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif di SD Muhammadiyah Demangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Ketua Kurikulum, Guru Kelas I, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Demangan. Objek penelitian berfokus pada pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif yang terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Demangan membentuk subdimensi kreatif dalam profil pelajar Pancasila. Kurikulum ini mendorong siswa untuk menghasilkan gagasan orisinal, karya, dan tindakan orisinal, serta mengembangkan keluwesan berpikir. Tujuan kurikulum, materi pembelajaran, strategi, dan evaluasi yang diterapkan mendukung pengembangan kreativitas siswa di berbagai tingkat kelas, mulai dari kelas I hingga kelas IV. Pendekatan berbasis proyek, kolaborasi, serta pemecahan masalah menjadi faktor kunci.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:46
Last Modified: 30 Oct 2024 06:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77182

Actions (login required)

View Item View Item