Asyrafil Anam, Maulana (2024) Perancangan UI/UX aplikasi Laboratorium Pengelolaan Sampah UAD di Kalurahan Caturharjo Bantul menggunakan metode User Centered Design. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018149_JUDUL__240919012415.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018149_BAB_I__240919012415.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018149_BAB_II__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018149_BAB_III__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018149_BAB_IV__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018149_BAB_V__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018149_DAFTAR_PUSTAKA__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018149_LAMPIRAN__240919012415.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
Abstract
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan yang diketuai oleh Adhitya Rechandy Christian melalui program yang terintegrasi dan berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk Perguruan Tinggi Swasta tahun 2022 Kemendikbudristek bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul mendirikan Laboratorium Pengelolaan Sampah berbasis BUMKAL (Badan Usaha Milik Kalurahan) di Desa Caturharjo, Pandak, Bantul. Akan tetapi, kurangnya informasi mengenai jadwal pengambilan sampah serta penjualan sampah pilah dan pencatatan data sampah yang dihasilkan masyarakat belum terdata dengan baik menjadikan kendala pendataan timbulan sampah di masyarakat. Apabila pendataan timbulan sampah di masyarakat tidak tercatat dan terjadwal dengan baik akan menyebabkan sampah menumpuk dan dapat menimbulkan masalah penyelesaian sampah di tingkat kalurahan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi sederhana yang dapat digunakan oleh BUMKAL sebagai unit bisnis yang mengelola persampahan di tingkat kalurahan. Berdasarkan permasalahan yang ditemui di lapangan tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk merancang aplikasi dengan fokus pada User Interface (UI) dan User Experience (UX) berdasarkan metode yang digunakan, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan meningkatkan pengalaman berlangganan penjemputan sampah di Laboratorium Pengelolaan Sampah Kalurahan Caturharjo Pandak Bantul.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah UCD atau Desain Berbasis Pengguna. Metode ini mengarahkan perhatian pada pengguna sehingga dalam perancangan antarmuka pengguna (UI), pengguna secara aktif dapat terlibat dalam setiap tahapan prosesnya. Selain itu, metode ini juga mengadopsi modifikasi dari kuesioner pengalaman pengguna (UEQ) yang berfungsi untuk mengevaluasi keberhasilan desain Aplikasi Laboratorium Pengelolaan Sampah.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan tampilan aplikasi mobile Laboratorium Pengelolaan Sampah Kalurahan Caturharjo dan hasil dari evaluasi UX menggunakan UEQ yang mendapatkan impresi positif secara keseluruhan. Nilai-nilai yang diperoleh untuk setiap aspek UEQ seperti daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan berada di atas ambang batas positif, mengindikasikan bahwa pengguna merasa puas dengan tampilan dan pengalaman yang diberikan oleh aplikasi tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | User Interface, user experience, user experience questionnaire, user centered design |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:28 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77220 |
Actions (login required)
View Item |